me n my fav architect

(Original post in February 3, 2009)
Siapa arsitek favorit kamu?
Corbusier? Aalto? Silaban? Mangunwijaya?

Kenapa pertanyaan ini perlu dijawab?
Karena penting banget untuk mengarahkan desain kita.

Dari hasil buru-buru ketemu dosen PA buat tanda tangan KRS kemaren, aku baru tau kenapa kita perlu punya arsitek favorit. Beliau bilang tujuannya supaya karya kita bisa punya “identitas” dan “soul“. Ga’ perlu bertele-tele, deh… Tahapannya simple aja, kok:

  1. Jawab dulu dengan hati, siapa arsitek favorit kita?
  2. Cari tau dan pelajari apa aja dari sang arsitek… ide-idenya, karya-karyanya, biografinya.
  3. Pilih salah satu karya Beliau yang paling “WOW!!!” buat kalian trus coba bikin maketnya. Tujuannya supaya kita bisa ngerasain apa yang beliau rasain waktu proses perancangannya.
  4. Aplikasiin ke desain kalian, apa yang menjadi ciri khas sang arsitek. But, harus dimodif!
  5. Lama-kelamaan kalian bakal nemuin yang “gue banget!”. Karya-karya kalian bakal punya identitas dan “soul” sendiri.

Syukur banget, deh, punya dosen PA kayak Bu Widya… Mungkin kebanyakan temen-temen aku yang lain ga betah karena Bu Wid sedikit “bawel”… huehuee tapi kalo udah gini, bawelnya Bu Wid jadi banyak manfaatnya, kan??

*pindahan dari blog lama  http://anicezen.blogspot.com/2009/02/me-n-my-fav-architect.html

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s