AMAZING BANGKOK : (Day 1) Intro

Actually arrived in Donmueang International Airport, but the advertisement of Suvarnabhumi has shown up here.
Actually arrived in Donmueang International Airport, but the advertisement of Suvarnabhumi has shown up here.

Sawasdee ka! ^^

Backpaking pertama dimulai bersama dua sahabat SMA saya, sebut saja Pewe dan Aam (nama sebenarnya :p). Setelah melalui berbagai kendala, mulai dari ribetnya booking tiket dengan kartu kredit, gonta-ganti reservasi hotel, nilai tukar rupiah yang melemah, retimed schedule mendadak dari AirAsia di H-30, hingga yang paling parah DELAYED-nya Flight dengan pemberitahuan pada H-1 yang bener-bener bikin stress, akhirnya tanggal 13 November 2014 menginjakkan kaki juga ke Thailand. Yahoooo! Get ready to amazed by Bangkok, readers!

Palembang (07:30 am)

Pagi tanggal 13 November 2014, saya, aam, dan pewe buru-buru ke Bandara SMB II (Sultan Mahmud Badaruddin II; red.) lantaran jadwal penerbangan yang ga jelas. Sehari sebelum berangkat dapat notice dari AirAsia kalau flight Palembang (PLM) – Kuala Lumpur (KL) delayed ke jam 11.25am. Shock dan stres karena jadwal PLM-KL akan bentrok dengan next flight kita KL-DMK (Donmueang, Bangkok) yang on schedule jam 01.55 pm. Akhirnya terpaksa beli tiket baru dan mengikhlaskan tiket lama. *nangis di bahu nichkhun*

Tips: Lebih baik beli tiket FlyThru dan hindari beli tiket dengan 2 kode booking (misal: PLM-KL dengan KL-DMK). Karena AirAsia sering tiba-tiba retime schedule dan menunda penerbangan. Kalo memang harus 2 kode booking (untuk minimalisir budget) pilih penerbangan dengan selisih waktu minimal 4 jam.

Kuala Lumpur (02:00 pm)

Tiba di KLIA 2, terminalnya AirAsia, di Gate K. Ga usah bingung, begitu masuk gedung terminal cukup ikuti petunjuk arah untuk ambil bagasi dan ke bagian imigrasi. Jaraknya lumayan jauh, tapi ga jauh-jauh banget dan ga sejauh bayangan saya. Enjoy aja jalannya melewati skybridge untuk turun ke bagian imigrasi. Karena interior gedung terminal didesain dengan cantik, jadi ga kerasa capeknya. Tapi kalo next flight kamu mepet, harus buru-buru keluar untuk check in lagi. Ada area transit juga untuk penumpang yang pakai fasilitas Fly Thru AirAsia. Pokoknya ga ribet disini.

Karena kita ga pake Fly Thru AA, jadi kita turun untuk ambil bagasi kemudian masuk dan check in lagi. Sebelum naik untuk ke Gate Flight masing-masing, di hall masuk ada Check In Counter untuk kamu Drop Bagasi. Ribet? Ga juga! Just enjoy your trip!

Gedung terminal luas banget, sebagian dilapisi karpet dan dilengkapi bangku. Ga heran kalo banyak backpacker yang milih tidur di bandara selagi nunggu flight pagi. Yang penting jaga barang bawaan dan siapin jaket.

Karena udah masuk waktu Sholat Dhuhur, kita singgah di mushola untuk jama’ sholat Dhuhur dan Ashar. Ada banyak mushola di gedung terminal. Kira-kira untuk 4 Gate ada 1 area servis yang terdiri dari: toilet, mother’s room, dan mushola, yang dibedakan antara laki-laki dan perempuan.

Tips: Usahakan tas atau koper kamu bisa masuk kabin. Jadi GA PERLU beli bagasi!

Bangkok (07.00 pm)

Alhamdulillah tiba juga di Donmueang International Airport, sebelah utara kota Bangkok. Gedung terminal ini boleh kuno di luar (lebih mirip terminal bus) tapi interior tetap terawat dan bersih (apalagi toiletnya lebih bersih ketimbang KLIA2). Disini proses imigrasi juga ga ribet dan ga lama. Ikuti petunjuk arah dan keluar dari gedung terminal melalui Exit 5 atau 6 .

Tips: Jangan lupa ambil Tourist Map gratis di bagian informasi, dekat pintu keluar.

Bangkok (07.30 pm)

Keluar dari Pintu 5 atau 6, kemudian naik Bus A1 untuk sampai ke Stasiun BTS Mochit dengan harga tiket 30 THB per orang dan waktu tempuh sekitar 30 menit. Ga perlu takut naik bus karena kondekturnya cewek dan helpful sekali.

Bangkok (08.00 pm)

Turun di Halte Mochit ada banyak pilihan mode angkutan seperti bus, taxi, BTS, dan MRT. Kalau mau pakai MRT langsung turun menuju Stasiun MRT Mochit yang berada di belakang halte. Kalau mau naik BTS jalan kaki sekitar 3 menit kemudian naik tangga ke Stasiun BTS.

Dari Stasiun BTS Mochit kita menuju hotel Krit Thai Mansion di daerah Rama I, dekat Stasiun BTS National Stadium. Harga tiket 42 TBH per orang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Bangkok (8.30 pm)

Keliyengan karena paginya cuma sarapan siomay seporsi bagi dua dengan Aam, akhirnya setelah check in hotel kita langsung nge-mal ke MBK Center (5 menit jalan kaki dari hotel) buat cari sesuap nasi. Tsaaah!

Sayangnya mal udah mau tutup, food court udah pada tutup, MCDonalds aja udah tutup jam 9. Yang masih buka ada fast food Jepang yang udah pasti harganya ga cocok di kantong. Akhirnya balik lagi ke hotel setelah mampir di tukang buah depan 7Eleven dekat hotel. *nangis dalam dekapan nichkhun*

Tips: Kalo kamu sampai di Bangkok agak malam, lebih baik bawa makanan instan dari Indonesia, sebab kalo baru pertama sampai mungkin masih bingung mau cari makan dimana.

Cost Day 1

Tiket bus A1 (Donmueang – Stasiun Mochit)       : 30 thb

Tiket BTS Mochit-National StadiuM                      : 42 thb

Total              : 72  thb

Advertisements

2 thoughts on “AMAZING BANGKOK : (Day 1) Intro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s