AMAZING BANGKOK : (Day 3) Madame Tussauds dan Chatuchak Market

Morning Bangkok! 15 November 2014, hari ketiga di tanah kelahiran gebetan kita (nichkhun; red). Hari ini sesuai jadwal kita akan menemui Nichkhun di “rumahnya”. Lalu lanjut cari oleh-oleh buat kerabat di tanah air. Happy reading, buddies! ^^

Bangkok, 8.30 am

Udah siang banget sih sebenernya. Tapi Bangkok kota yang lambat ramai. Jam segini yang berkeliaran paling pekerja sama pelajar. Percayalah banyak turis yang masih terlelap. Janjian sama Sam di depan Madame Tussauds jam 10 pagi, daripada bengong di hotel, kita bertiga cari sarapan dulu di dekat Siam Center dan sarapan di teras mal yang belum buka. Kita ambil jalan memutar loh, melewati Jim Thompson House, dermaga kecil dan pasar. Jangan malas bangun pagi! Jalan-jalan aja di sekitar penginapan kamu dan abadikan momentnya.

Hasil buruan di dermaga dekat Jim Thompson House

Madame Tussauds, 10.00 am

Numpang eksis dikit yaah..

Madame Tussauds berada di Lantai 5 Siam Discovery. Kita harus nunggu mal buka jam 10 kalau mau ke sini. Setelah masuk dan tukar tiket, kita masih harus nunggu Sam selama satu jam. Karena Sam harus pindah hostel lain di daerah Hualamphong.

Sambil nunggu Sam, kita bisa nyobain foto bareng patung lilinnya Leonardo Di Caprio (sampe puas deh saking lamanya nunggu). Satu jam berlalu dan Sam datang juga di menit ke 59. Haha yang nunggu udah ga sabar pengen masuk museum.

Lebih lanjut tentang Madame Tussauds akan dibahas pada tulisan berikutnya ^^

Kupon diskon Madame Tussauds yang ga kepake

MBK Center, 01.30 pm

MBK Center di siang hari

Tiba juga waktu makan siang ^^ Kita putuskan buat coba cari makanan halal di food court MBK Center sebelum lanjut jalan-jalan. Sebenernya ada 2 tempat makanan halal disini. Di Lantai 5 ada The Fifth Food Avenue, isinya mirip food court begitu. Ada stan-stan makanan (tapi ga berderet), mulai dari japanese food, chinesse food, Indian curry, dan kabarnya juga ada gado-gado. Nah satu lagi ada di Lantai 6, MBK Food Island. Banyak banget pilihan makanan disini, sampe bingung dan ngiler pengen makan semua. Dan tempat ini tuh rame banget.

Keliling food court dengan perut keroncongan, berharap ada makanan halal yang menggugah selera. Sebelum makan beli dulu kupon di counter depan. Mirip top up kartu gitu. Isinya terserah mau berapa Baht sesuai kebutuhan. Kalau ada sisa deposit di kuponnya, kita bisa tuker dan ambil sisanya di counter.

Well, kita pilih makan di station Masakan India dengan menu nasi kuning, kare ayam, dan tomyom. Dan alhamdulillah enak! ^^

Soal harga, Thailand jangan ditanya. Disini saya boleh bilang kalo Thailand salah satu tujuan wisata yang punya gudang kuliner dengan harga terjangkau. Makan sampe kenyang banget kita hanya kena 72 THB.

Ini receipt pas makan di MBK Food Island
Si Sam nih, lagi nunggu makanannya

Chatucak Market, 03.00 pm

Welcome to Chatuchak Plaza!

Dari MBK kita jalan kaki 5 menit ke Stasiun BTS National Stadium. Dari sini kita naik BTS ke Mochit dengan tarif 42 THB, kira-kira 15 menit perjalanan (kalo ga salah inget). Kenapa Mochit?? Karena ini stasiun BTS terdekat ke Chatuchak, berhenti di Chatuchak Park, dekat Gate 3.

Begitu nyampe, arus balik udah mulai keliatan. Karena kita nyampe juga udah kesorean. Jadi udah banyak pengunjung yang bubar sambil bawa-bawa kantong belanjaan. Well, it’s shopping time!!

Tapi begitu masuk ke pasarnya, kita malah kebingungan mau ke arah mana dan beli apa. LOL. Akhirnya ga pake lihat peta (lihat peta malah bingung), main terobos aja asal masuk ke gang-gang pasar. Mengikuti insting pemburu belanjaan.

Disini kita belanja pernak-pernik Thailand buat oleh-oleh, kantungan kunci, bros, hiasan meja, hiasan dinding. Karena memang harganya lebih murah dan banyak pilihan. Harganya beragam, yang penting tawar terus tanpa ampun.

Sebenarnya banyak banget pilihan disini, pokoknya BANYAK. Tapi saking banyaknya malah bingung. Selain beli buat oleh-oleh, beli juga buat dipake sendiri. Ada kain tenun khas Thailand berbagai motif dan warna, selendang (yang biasa buat pashima), juga pakaian-pakaian dengan mode terbaru. Soal fashion, saya boleh acungi jempol buat Bangkok. Masyarakatnya rata-rata punya selera fashion yang bagus. Jadi ga heran kalo banyak pakaian import dari Bangkok di Indonesia. Hehe.

Pasar Chatuchak tutup jam 6 sore, meskipun ada juga beberapa kios yang masih buka. Semacam night market lah. Tapi berhubung udah banyak kios yang tutup, dan kita juga udah ga tau mau beli apa lagi, kita putuskan buat mengakhiri perburuan.

Setelah keluar dari kios (entah di section mana kita sekarang), kita rehat sebentar sambil beli Thai Ice tea yang enaknya jauh dibanding yang dijual di Indonesia. Ada kejadian unik disini. Entah mungkin ini tradisi orang Thailand atau gimana. Tepat jam 6 sore, ada petugas (mungkin seperti polisi di Indonesia) yang kasih komando ke semua pengunjung Pasar Chatuchak untuk “mengheningkan cipta”. Semua pengunjung serentak diam di tempat, dan lagu kebangsaan Thailand (saya ga tau nyanyiannya, tapi saya rasa lagu kebangsaan) mulai dinyanyikan.

Setelah menyadari kita keluar dekat Gate 1 (Gate yang berlawanan arah dengan Gate 3 tempat kita masuk) daripada harus balik ke tempat awal dengan jalan kaki (malesnya jangan ditiru ya!), akhirnya kita coba pulang naik MRT ke Stasiun MRT Chatuchak Park lalu pindah ke moda transportasi BTS di Stasiun BTS Mochit. FYI, Stasiun MRT Bangsue ini dekat dengan Gate 3, sementara Stasiun BTS Mochit dekat dengan Gate 1.

This is a must-place-to visited in Bangkok. Seriously! ^^

Tips: Datang lebih siang atau pagi supaya lebih puas belanja. Siapkan fisik karena pasar ini luas banget. Pelajari peta baik-baik supaya lebih terarah dang a nyasar. Jangan lupa TAWAR DENGAN SADIS!! Hehe Happy shopping!!

MBK Center, 08.00 pm

MBK Center di malam hari.

Tujuan ke MBK Center selain buat cari makan malam juga buat beli oleh-oleh t-shirt khas Thailand yang ga kebeli di Chatuchak (lantaran kesasar di Chatuchak, ga tau arah balik ke kios t-shirt). Di Lantai 6 ini kebanyakan jualan pakaian, tas, sepatu, accessories seperti kalung, cincin, gelang. Ga cuma yang berbau Thailand, yang mode biasa juga ada. Tapi ga tau deh tasnya ini mungkin KW Super, jadi harganya kemahalan buat saya.

Tips: bukan tempat yang cocok buat berburu oleh-oleh apalagi barang murah. Tapi bolehlah dikunjungi, siapa tau ada yang cocok. Kalau mau ke MBK Center juga jangan terlalu malam (jam 8 udah termasuk malam), karena kios udah mulai ada yang tutup. Foodcourt juga udah “selesai”! Hehe~

Cost Day-3 (diluar belanjaan yah ^^)