DIENG PLATEAU, NEGERI DI ATAS AWAN (Bagian 2)

Kompleks Candi Arjuna

Tempat pertama yang dikunjungi adalah Kompleks Candi Arjuna, sebuah kompleks candi Hindu di Dataran Tinggi Dieng yang terdiri dari 5 candi : Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Srikandi. Viewnya bagus banget dan seger, dikelilingi gunung-gunung pecahan erupsi Gunung Prau. Ini saya ambil versi panorama dari hape.

IMG_4559 - Copy
Panorama Kompleks Candi Arjuna, Dieng dari mata ponsel iphone 4s
IMG_4549
Kiri ke Kanan : Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Sembadra

Pelataran Candi Arjuna rame banget, banyak cosplay juga supaya anak-anak bisa foto bareng. Sekali jepret goceng aja!

IMG_4564
Foto bareng.. Cekrek!!

 

Kawah Sikidang

Kelar dari Kompleks Candi, Mas Slamet langsung ngacir anter kita ke Kawah Sikidang. Tempat ini mengingatkan saya pada sebuah tempat di Desa Air Batu, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Serupa tapi tak sama.

IMG_4583
Panorama Kawah Sikidang

Kawah Sikidang menyimpan energi panas bumi dan menyemburkan asap belerang yang cukup kuat baunya, sumbernya pun menyebar dan berpindah. Karena aktivitas vulkanik Dieng masih aktif, maka air di Kawah Sikidang mendidih.

 

IMG_4764
Stop Vandalism!! @ Kawah Sikidang, Dieng

 

Dieng Plateau Theater

Udah lumayan cape dan badan berasa lengket banget karena belum mandi dan istirahat di homestay. Tapi perjalanan masih harus lanjut lagi. Berikutnya kita diajak nonton film documenter dari Pemerintah Kabupaten Wonosobo di Dieng Plateau Theater, ya mini bioskop gitu lah modelnya. Judul filmnya “Bumi Kahyangan Dieng Plateau” berdurasi sekitar 18 menit. Sayangnya suasana di dalam mendukung banget buat tidur siang.

Well, saya lumayan ngikutin sih filmnya, walaupun kadang ketiduran dan sadar lagi. Bukan salah filmnya, sumpah! Ceritanya menarik, kok. Intinya tentang terbentuknya Dataran Tinggi Dieng sampe jadi begitu cantiknya. Yang salah adalah waktunya. Mungkin ya bagusnya nonton film ini pas baru nyampe Dieng. Pas peserta tur macam kita berempat masih fresh. Dikenalin dulu Dieng itu apa baru diajak muter. Kalo muter dulu baru nonton, keburu cape dan akhirnya ngantuk.

Yang pengen tau, mungkin kemarin ada yang dateng tapi ketiduran di teater, bisa liat di sini : https://www.youtube.com/watch?v=WfuD6KDPeYU (kualitas gambar agak kurang, tapi masih masuk informasinya)

Batu Pandang dan Batu Ratapan Angin

Kelar nonton film documenter sekitar jam 12.00, Mas Slamet langsung ngajak naik ke Batu Pandang dan Batu Ratapan Angin buat lihat view Telaga Warna dan seputaran Dieng dari atas. Lumayan jalannya naik-naik sekalian pemanasan sebelum trekking Gunung Prau nanti malem.

IMG_4588
Batu Pandang, salah satu titik terbaik melihat Desa Tertinggi di Pulau Jawa, Dieng (View : Telaga Warna dan Telaga Pengilon)

Paha udah kenceng, nih, tapi kebayar deh sama pemandangan yang didapat dari atas. Dieng memang benar-benar indah.

IMG_4645
Kiri – Kanan : Ayu, Kak Man, Adrie, Saya (photo taken by : Mas Slamet diengbackpacker )

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Kelar jeprat-jepret, turun dari Batu Pandang lanjut ke Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Ada dua telaga terbentuk di sini. Legendanya bisa, deh dibaca di dieng.org. Satu telaga berwarna lebih jernih dan tenang, yaitu Telaga Pengilon, di sebelahnya telaga berwarna hijau yaitu Telaga Warna.

IMG_4643
With Ayu #junsister
IMG_4634
Memandang trek pendakian Gunung Prau ^c^

Sekali lagi saya mau bilang, Dieng is so wonderful!

Homestay Mas Ali

Selesai muterin Dieng, makan siang di warung tadi pagi kita sarapan, deket simpang tiga Dieng. Perut udah kenyang dong, alhamdulillah jam 15.00 langsung dianterin biar bisa selonjoran di rumahnya Mas Ali, pemandu kita buat trekking Gunung Prau malam nanti. Dibuatin teh sama disuguhin sajen berupa kue bolu kering dan rempeyek. Mandi air panas dan digelarin kasur depan tv buat gegoleran sebentar sebelum trekking.

Dieng udah 3 hari ga diguyur hujan. Sore itu langit sedikit mendung, harapannya semoga sampe turun dari Puncak Prau hujan tertunda buat turun.

IMG_4589
Sampai jumpa nanti malam!! ^-^
Advertisements

One thought on “DIENG PLATEAU, NEGERI DI ATAS AWAN (Bagian 2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s